Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarbaru mengadakan kegiatan Bina Desa pada hari Sabtu, 22 Agustus 2015 lalu bertempat di desa Mandikabau Barat, Martapura. Bina desa merupakan salah satu program kerja bidang Pengembangan Jaringan Pengabdian Masyarakat. (PJPM) BEM KM FMIPA UNLAM. Kegiatan ini juga merupakan salah satu awal dari bentuk pengabdian mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh saat kuliah dilingkungan masyarakat desa pada kehidupan sehari-hari dan membina desa terkait.

Diawali dengan kegiatan mengajar anak-anak Sekolah Dasar (SD) mata pelajaran matematika,Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan juga Bahasa Inggris, binar wajah para siswa terlihat begitu berseri. Kemudian dari pihak BEM KM FMIPA UNLAM membagikan beberapa bingkisan kepada anak-anak disana sebagai kenang-kenangan. Pada waktu yang bersamaan guru-guru yang mengajar disana diberikan pembekalan berupa pelatihan Microsoft office. Selain itu juga terdapat pelatihan pemberdayaan dari dosen tentang pengolahan biji karet oleh Bapak Abdullah. Tak mau ketinggagalan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di FMIPA UNLAM yakni TTG (Teknologi Tepat Guna) yang membimbing proses pengolahan jahe menjadi serbuk jahe instan dilanjutkan pengarahan dari PIO LM (Pusat Informasi Obat Layanan Masyarakat) tentang obat-obatan herbal. Terakhir adalah aksi dari salah satu himpunan mahasiswa program studi Biologi (HIMABIO) yang memberikan tambahan ilmu tentang cara mengolah pupuk kompos. Acara ditutup dengan enyerahan souvenir dan plang tulisan selamat datang di desa Mandikapau Barat dilanjutkan dengan Foto bareng ketua RT Dan Kades setempat.

“Kami sangat menyambut positif kegiatan dari BEM KM FMIPA Unlam di desa Mandikapau, selain memberi ilmu baru dan pengalaman, warga juga bisa mengaplikasikan ilmu tersebut langsung ke kehidupan sehari-hari”, ujar Arbani, selaku ketua RT 04 Desa Mandikapau Barat.

Leave a Reply