Sebanyak 450 mahasiswa FMIPA ULM telah mengikuti rangkaian kegiatan LKMM-D 2019 dengan tema “Gelora Pemimpin Muda, Aksi Nyata” sebagai sarana persiapan kader-kader FMIPA menjadi pemimpin Muda yang berkarakter. Kegiatan LKMM-D pada tahun ini diselenggarakan dalam dua tahapan yaitu Indoor dan Outdoor. Tahapan Indoor dilaksanakan pada tanggal 20-21 April 2018 bertempat di Gedung 2 FMIPA ULM yang diisi dengan pemberian materi. Sementara tahapan outdoor dilaksanakan pada tanggal 26-28 April 2019 bertempat di RINDAM VI Mulawarman Landasan Ulin sebagai wadah implementasi materi yang telah didapatkan para peserta di indoor.
Pada tahapan indoor, para peserta mendapat bekal materi melalui rangkaian sharing yang disampaikan oleh pemateri. Adapun materi yang diberikan yaitu mengenai kepemimpinan dan personal skill, Revitalisasi peran mahasiswa terhadap kehidupan berbangsa, interpersonal skill, Creativpreneur, serta advokasi. Selain itu juga dilakukan simulasi terkait manajemen organisasi serta lobi & negosiasi untuk memantapkan materi yang telah didapat oleh para peserta.
Seluruh materi yang diterima oleh peserta kemudian diimplementasikan dalam kegiatan outdoor seminggu setelahnya. Implementasi tersebut berupa kegiatan ke sekolah-sekolah dan berbagai studi kasus yang diberikan seperti dalam presentasi tugas essay, kegiatan memasak, ataupun permainan seperti outbond dan wide games. Rangkaian kegiatan LKMM pun ditutup pada akhir kegiatan outdoor secara simbolik dengan pelemparan Topi Kuning para peserta ke udara.

Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa
BEM KM FMIPA ULM
#SahabatHarmoni
#HarmoniTanpaHenti

Leave a Reply