23 Rubrik Advo

Kontrak Politik merupakan lembaran tuntutan mahasiswa yang dicetuskan oleh Ormawa FMIPA UNLAM pada tahun 2014 sebagai tindak lanjut terpilihnya Dekan FMIPA UNLAM Periode 2014 – 2018. Secara garis besar, Kontrak Politik ini mengandung tuntutan-tuntutan dalam hal:

  • Transparansi dana/anggaran
  • Memfasilitasi terciptanya Ikatan Alumni dan reuni akbar
  • Melengkapi dan memperbaiki fasilitas kampus (kualitas dan kuantitas sarana-prasarana)
  • Meningkatkan keamanan gedung FMIPA 1 dan FMIPA 2
  • Pemanfaatan portal akademik secara maksimal
  • Memperluas kemitraan dan kerjasama dengan instansi tertentu (pemerintah/swasta)

Kontrak Politik ini sendiri telah disetujui oleh Dekan FMIPA UNLAM Periode 2014 – 2018, yang akan mengusahakan berbagai tuntutan tersebut untuk dapat dipenuhi. Namun di dalam Kontrak Politik ini tidak ada persetujuan secara tertulis dari Dekan FMIPA UNLAM, sehingga Kontrak Politik ini tidak memiliki daya ikat secara langsung terhadap Dekan. Hal yang menarik di tahun ke-3 berjalannya Kontrak Politik ini, banyak dari tuntutan mahasiswa ini yang belum terpenuhi.

Dalam kondisi seperti ini, sangat penting bagi mahasiswa FMIPA UNLAM untuk terus mengingat, mengetahui, dan memahami isi dari Kontrak Politik ini. Alasan yang paling mendasar dari hal ini adalah, karena peran mahasiswa sebagai generasi pengontrol dan pengawas yang diharapkan mampu mengendalikan keadaan sosial-politik di lingkungannya, terkhusus dalam konteks ini adalah pengawasan mahasiswa FMIPA UNLAM terhadap berjalannya pelaksanaan Kontrak Politik. Dengan daya ikat yang lemah dari Kontrak Politik ini terhadap Dekan FMIPA UNLAM, satu-satunya jalan agar tuntutan-tuntutan tersebut dapat dipenuhi adalah dengan cara menuntutnya secara kontinyu, mengawasi, dan mengawal berbagai perkembangan di dalam kampus FMIPA.

BEM KM FMIPA UNLAM melalui Bidang Advokasi, pada tanggal 22 Februari 2017 – 6 Maret 2017 telah melakukan survei melalui kuesioner terhadap 430 mahasiswa. Survei ini meliputi pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan mahasiswa FMIPA UNLAM terhadap adanya Kontrak Politik Dekan 2014 – 2018. Dari 430 mahasiswa, 88% menyatakan ketidaktahuannya terkait Kontrak Politik, dan hanya 12% saja yang mengetahui adanya Kontrak Politik Dekan 2014 – 2018. Ayo mahasiswa FMIPA UNLAM, ketahui, pahami, awasi, dan tuntut pelaksanaan Kontrak Politik Dekan 2014 – 2018 ini bersama-sama!

Oleh Dea Karina & Nurul Istiqamah

Cek isi dari Kontrak Politik di : bemkmfmipa.ulm.ac.id/konpolfmipa

Narahubung : Deanu Haratinu Tu’u (Line: @deanuharatinu) Dea Karina (Line: @dekadyy) Nurul Istiqamah (Line: @istiqammah)

Leave a Reply