04 PR

Selasa, 21 Februari 2017, kampus FMIPA UNLAM dihebohkan oleh kejadian penipuan yang mengatasnamakan Dekan FMIPA UNLAM. Penipuan yang mengatasnamakan Dekan ini dilakukan melalui sambungan telepon seluler, dengan cara menelepon beberapa mahasiswa FMIPA UNLAM. Salah satu mahasiswa yang menjadi korban penipuan ini adalah Ahmad Nurhadi R. (AN) yang merupakan mahasiswa Fisika angkatan 2016.

Modus penipuan yang dilakukan adalah dengan cara mengaku sebagai Bapak Heri Budi Santoso, dan memberikan tawaran untuk mengikuti kegiatan seminar nasional yang akan diadakan pada tanggal 3 – 5 Maret 2017 bertempat di Jakarta. Selain memberikan tawaran, penipu juga mensyaratkan agar calon peserta mempunyai rekening bank dengan saldo minimal 1 juta rupiah. “Saya ditelepon oleh Pak Dekan, beliau menawarkan kepada saya bahwa saya akan mengikuti seminar nasional pada tanggal 3 – 5 Maret 2017 ini. Namun, pak Dekan menanyakan dulu berapa saldo ATM saya, dan saya menyebutkan nominal ATM saya. Setelah itu saya diperintahkan untuk menuju ATM terdekat karena beliau akan segera mengikuti rapat.” Jelas AN.

AN saat itu segera menuju ATM terdekat, dan diperintahkan untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening 0506242855. Perintah yang diberikan kepada AN adalah untuk tidak menutup sambungan telepon dan juga mengikuti seluruh perintah yang didiktekan kepada AN. Penipuan yang terjadi ini merugikan AN belasan juta rupiah, dengan rincian pengiriman uang ke nomor rekening 0506242855 sebanyak dua kali, dan pengisian pulsa ke nomor 08567393379 dan 0819815837.

AN sendiri telah berupaya untuk melaporkan tindak penipuan ini kepada pihak Fakultas MIPA UNLAM, dan juga ke pihak yang berwenang. Pihak fakultas MIPA melalui Dekan merespon kejadian ini dengan memberikan himbauan kepada seluruh sivitas akademika, khususnya mahasiswa untuk selalu berhati-hati dalam menerima telepon asing yang mengatasnamakan jajaran Dekanat ataupun Rektorat Universitas Lambung Mangkurat.

Selain AN, ada beberapa korban lain yang juga menerima telepon dari nomor yang sama, dengan modus penipuan yang sama. Dugaan sementara, penipu dapat mengakses informasi internal FMIPA UNLAM melalui berbagai acara Ormawa FMIPA UNLAM yang disebar menggunakan pamflet/brosur/proposal yang mencantumkan data jajaran Dekanat atau Rektorat, serta nomor contact person kegiatan.

Atas kejadian ini, BEM KM FMIPA UNLAM menghimbau kepada seluruh sivitas akademika FMIPA UNLAM agar selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan jajaran Dekanat ataupun Rektorat Universitas Lambung Mangkurat. Selalu lakukan klarifikasi terhadap kebenaran informasi yang Anda terima, terutama bagi mahasiswa yang mencantumkan nomor pribadinya di berbagai kegiatan Ormawa FMIPA UNLAM.

Bidang Advokasi

BEM KM FMIPA UNLAM Periode 2017

Narahubung : Deanu Haratinu Tu’u (Line : @deanuharatinu), Anjar Pribadi (Line: @anjarvratama)

Leave a Reply